Saturday 21 March 2015

Tempat Wisata Menarik Di Dubai




http://juliantowibowo25.blogspot.com/


Sheikh Zayed Road Dubai
Sheikh Zayed Road Dubai
Wow! Itulah kesan pertama saya begitu menginjakkan kaki di Dubai, Uni Emirat Arab. Tata kotanya rapi, bersih, tertib dan modern. Sebuah kawasan yang beberapa puluh tahun lalu masih berupa gurun pasir kini telah bertransformasi menjadi megapolitan, surga dunia bagi mereka yang berada. Apa saja yang diinginkan, ada.
Dubai adalah salah satu emirates dari 7 bagian Uni Emirat Arab. Hampir 85% lebih orang yang tinggal di Dubai ini adalah ekspatriat, alias bukan warga lokal. Beragam suku dan ras ada disini. Mengingatkan saya pada salah satu ayat di dalam Al Quran, surat Al Hujurat ayat 13 tentang hal ini.
Oke, tenang! postingan kali ini saya bukannya mau khotbah. Dalam rangka posting bareng teman-teman Travel Bloggers Indonesia dalam project #14on14 saya sekedar ingin sharing 14 Tempat Wisata Menarik Di Dubai yang alhamdulillah “akhirnya” bisa saya kunjungi. Mengapa “akhirnya”? Karena selama ini hanya bisa melihat foto, video ataupun liputan di TV hehe.
Berikut 14 Tempat Wisata Menarik Di Dubai versi
On The Spotfahmianhar.com

Burj Khalifa

Sampai tulisan ini diturunkan, gedung ini masih memegang rekor dengan predikat sebagai gedung tertinggi di dunia. Burj Khalifa memiliki tinggi 828 meter. Berlokasi di Dubai Downtown, gedung ini menjadi landmark utama kebanggaan Dubai. Pengunjung bisa naik sampai ke dek observasi di lantai 124 untuk melihat landscape Dubai, bahkan Uni Emirat Arab jika cuaca cerah & jarak pandang jauh. Pada malam hari, di taman Burj Khalifa ada pertunjukan air mancur yang sangat atraktif.
Burj Khalifa Dubai
Burj Khalifa Dubai

Burj Al Arab

Hotel bintang 7 ini berada di kawasan beachfront Dubai. Dinobatkan sebagai satu-satunya hotel bintang 7 di dunia. (Bintang 5 aja udah kece, gimana bintang 7 ya?). Tidak sembarangan orang bisa masuk ke hotel ini, hanya untuk tamu yang sudah reservasi saja. Untuk yang ingin merasakan menginap di Burj Al Arab, siap-siap saja merogoh kocek 5.300an dirham atau sekitar Rp. 19.000.000,- per malam. *glek*
Burj Al Arab Dubai
Burj Al Arab Dubai

Palm Jumeirah

Pulau buatan di teluk Persia ini merupakan hasil reklamasi. Jika dilihat dari atas, berbentuk menyerupai pohon palem. Ada banyak hotel, resorts, villa dan apartemen disini. Diantaranya Fairmont Hotel, Atlantis, Ocana, Rixos, dll. Suasananya relatif lebih sepi jika dibandingkan dengan downtown.
The Palm Jumeirah Residence
The Palm Jumeirah Residence

Miracle Garden

Taman bunga bagi kita orang yang tinggal di daerah tropis tentu sudah biasa. Karena memang iklimnya mendukung tumbuhnya beraneka ragam flora fauna. Tapi ini di Dubai. Mereka berhasil menyulap gurun pasir menjadi taman bunga yang beraneka warna. Hebat! Oiya, lokasinya berada di kawasan Dubailand area, Al Barsha South 3 yang jauh dari pusat kota.
Miracle Garden Dubai
Miracle Garden Dubai

Bastakia Quarter

Sebagian orang hanya tahu Dubai dengan gedung-gedung pencakar langitnya. Namun ternyata ada sejarah panjang dibalik megapolitan ini. Kawasan Bastakia Quarter ini menyajikan suasana lain dari Dubai. Disini bisa kita temukan Old Dubai atau kota lamanya Dubai. Sebuah kompleks pemukiman Arab kuno di kawasan Al Fahidi. Ada banyak museum disini, diantaranya museum koin, perangko, arsitektur arab, kopi, dll. Bastakia menjadi salah satu spot favorit saya di Dubai.
Bastakia Quarter Old Dubai
Bastakia Quarter Old Dubai

Dubai Museum

Sebuah benteng kuno bernama Al Fahidi fort, disulap menjadi museum yang atraktif oleh pemerintah Dubai. Di museum ini kita disuguhkan diorama sejarah peradaban dan perkembangan Dubai. Cukup dengan membeli tiket seharga 3 dirham saja, kita bisa masuk Dubai Museum.
Dubai Museum
Dubai Museum

Naif Market

Pasar ini mirip-mirip dengan Pusat Grosir Solo, atau mungkin pasar Tanah Abang di Jakarta. Ada banyak kios yang menjual beraneka ragam kebutuhan sandang seperti abaya, kaftan, kain sari, minyak wangi, dll dengan harga miring. Cocok untuk mencari oleh-oleh. Jika ada pengunjung berwajah melayu, para penjual lokal disini sudah fasih menyapa dengan: “apa kabar, murah-murah, cantik-cantik”. Hihi.
Naif Market Dubai
Naif Market Dubai

Dubai Marina

Sebenarnya Dubai Marina merupakan sebuah kawasan pemukiman yang padat dengan hotel, apartemen dan mall. Disnilah biasanya ratusan yacht bersandar. Kalau ingin naik Dhow Cruise, atau berlayar sambil makan malamn dengan kapal arab model kuno, juga dari sini. Kompleks satu dan lainnya dihubungkan dengan trem. Kece!

Dubai Metro

Metro menjadi sarana transportasi publik yang murah meriah. Mengapa saya masukkan dalam salah satu tempat yang menarik? Karena dari jendela metro kita bisa melihat landscape Dubai dari view yang berbeda. Favorit saya adalah gerbong paling depan atau belakang. Kalau pas kurang kerjaan, nongkrong aja disitu, naik dari stasiun ujung ke ujung.

Madinat Jumeirah

Kompleks hotel, resorts dan pasar souvenir dengan arsitektur arab kuno. Bagi pecinta wisata arsitektur dan belanja, tentu Madinat Jumeirah ini akan sangat menarik. Jangan terlalu tergoda dengan souvenir yang dijual disini, karena harganya relatif lebih mahal. Bisa 3 kali lipatnya.
Madinat Jumeirah Dubai
Madinat Jumeirah Dubai

Deira City Center

Semacam kota satelitnya Dubai Downtown. Bisa dijangkau dengan Metro. Apa yang menarik disini? Pasar rempah-rempah atau orang lokal menyebutnya spice souq dan daerah yang menjual aneka barang & souvenir dengan harga lebih murah jika dibandingkan dengan di tengah kota Dubai.

Dubai Mall

Beberapa kali saya nyasar disini. Saking luasnya. Maklum, anaknya jarang main ke mall. Dubai Mall dinobatkan sebagai salah satu mall terbesar di dunia. Butik-butik merk ternama dunia semua ada. Jika anda gila belanja, datanglah saat Dubai Shopping Festival, banjir diskon untuk beragam barang branded. Di tengah-tengahnya ada sebuah akuarium raksasa yang berisi aneka biota laut termasuk hiu dan pari manta. (tapi tetep ya, hiu itu bukan di dalam akuarium atau mangkuk sup, seharusnya ada di laut agar keberlangsungan rantai makanan ekosistem laut tetap terjaga. #savesharks!)

Emirates Mall

Mall ini tidak kalah besarnya. Siap-siap gempor lah kalau mau main kesini. Yang menarik, disini ada wahana Ski Dubai, ski resort indoor terbesar di timur tengah.
Ski Dubai Mall Of Emirates
Ski Dubai Mall Of Emirates

Ibnu Batutta Mall

Berada di kawasan Jebel Ali Village, jauh dari pusat kota. Mall ini menyuguhkan suasana berbelanja yang berbeda. Interiornya terbagi dalam 4 kawasan, Arab, Persia, India & China. Unik!
Ibn Batutta Mall Dubai
Ibn Batutta Mall Dubai
Itulah 14 tempat wisata menarik di Dubai. Semoga bermanfaat & menambah informasi
Categories:

0 komentar:

Post a Comment