Tips Modifikasi Honda CB dari Scorpio
Modifikasi Honda CB, motor
jadul yang ngetrend sekarang ini semakin menginspirasi para modifikator
Indonesia. Tidak hanya mengandalkan basic asli Honda CB, para
modifikator pun rela merombak motor dari pabrikan lain untuk diubah
menjadi bentuk Honda CB. Untuk konsep modifikasinya tentu juga
tergantung selera. Konsep Honda CB yang dipakai mulai CB100 “Glatik”, CB
175 Twin, CB 200, CB 160, CB Dream, dst. Kali ini admin akan share Modifikasi Honda CB dengan basic motor Yamaha Scorpio.Yamaha Scorpio sering dipilih untuk di “face off”
menjadi Honda CB dengan alasan mesinnya yang terkenal handal dan cukup
kencang karena mempunyai volume silinder 225CC, sektor rangka tidak
merombak terlalu banyak, selain itu juga karena harga bekasnya yang
murah. Baiklahberikut ini tips untuk modifikasi Honda CB dari Yamaha
Scorpio.
Sebelum merombak menjadi Honda CB, yang
harus disiapkan pertama oleh sobat adalah konsep Modifikasi. Pilihlah
konsep sesuai selera dan budget. Setelah ketemu konsep (saya contohkan
konsep CB100 Glatik) hendaknya sobat mulai berbelanja part-part yang
dibutuhkan. Dimulai dari sektor kaki-kaki, sobat harus mengganti lingkar
roda yang semula 18″ menjadi 17″. Untuk ukuran Velg dan ban admin
menyarankan memakai 17×2.15 ban 90/80-17 (depan) dan belakang
menggunakan 17×2.50 dengan ban 100/80. Dilanjut dengan menganti shock
belakang dari monoshock menjadi dual shock. Untuk ukuran shock pakai
ukuran 270 atau 280mm. Selesai urusan kaki-kaki, sekarang sobat hunting
tangki, jok, spakbor, serta aksesoris CB lain sesuai konsep dan budget.
Pengerjaan modifikasi pertama, lepas
semua body asli scorpio sampai tinggal rangka dan mesin saja. Pasang
kaki-kaki ukuran 17″ yang telah dibeli. Setelah itu setting rangka
bagian belakang menjadi lurus, buat pangkon untuk tangki, shock, baut
untuk jok dan spakbor, untuk spakbor usahakan setting sesuai lingkar
roda. Untuk setting body ini jelas mas tukang las berperan penting
. Setelah kelar urusan body dan kaki-kaki, pasang aksesoris seperti
lampu depan; sein; lampu stop belakang;dll. Dilanjut dengan instalasi
wiring alias per-kabel-an, usahakan dikerjakan dengan rapi sehingga
tidak terlihat semrawut dari luar.
Test ride dulu sekitar seminggu, saat
dirasa sudah pas sreg nyaman, proses selanjutnya adalah repaint sesuai
selera sobat. Bagaimana tidak terlalu sulit bukan mempunyai motor
tampilan klasik dengan mesin ganas. Sekian tips modifikasi Honda CB dari
admin. Besok disambung lagi….
0 komentar:
Post a Comment