Khamis, 21 Mac 2013

Sejarah Dan Perkembangan Modem

Modem (Modulator Demodulator) merupakan salah satu dari teknologi pendukung teknologi komunikasi. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Namun modem sebenarnya adalah alat komunikasi jarak-jauh dengan dua arah. Dewasa ini modem telah berkembang dengan berbagai fasilitas yang cukup bermanfaat, misalnya voice modem. Dengan adanya fasilitas voice modem ini, merubah fungsi modem bukan hanya sebagai penyambung ke internet tetapi lebih dari itu, modem dapat menjadi saluran radio, audio, percakapan telepon sampai streaming video. Malah saat ini sudah banyak modem yang mempunyai fasilitas yang dapat menjadi sebagai mesin penjawab telepon dan perekam suara.
Sejarah Perkembangan Modem
Image
Sejarah munculnya modem itu sendiri di awali oleh Deniss C. Hayes untuk Personal Computer pada tahun 1977. Ia mampu mendirikan teknologi paling penting yang membuat dunia sekarang ini bisa menjadi selalu online, serta membangkitkan industri internet menjadi tumbuh berkembang. Produk modem pertama bernama Hayes dijual pada penggemar komputer pada April 1977. Pada Januari 1978 didirikan perusahaan D.C. Hayes Associates, Inc., yang belakangan terkenal dengan nama Hayes Corp. Produk pertama Denicc C. Hayes adalah modem board untuk bus s-100 dan kemudian untuk komputer Apple II. Pada bulan juni 1981 ia menemukan command set untuk Hayes Standard AT yang pertama kali diperkenalkan untuk modem PC.
Image
Mekanisme Kerja Modem
Sebuah komputer mengirimkan informasi dalam bentuk sinyal digital. Tapi informasi melalui saluran telepon perlu di transmisikan dalam bentuk sinyal analog. Untuk mengatasi masalah ini, modem memberi peran mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. Sinyal-sinyal analog yang dibawa melalui saluran telepon. Ketika sinyal-sinyal mencapai komputer lain. Sinyal analog yang diubah  kembali ke bentuk digital oleh modem.
Image
Jenis-jenis Modem
Modem sendiri dibedakan menjadi dua jenis, modem internal dan modem eksternal. Modem Internal merupakan sebuah kartu yang dipasang di salah slot pada komputer kalian, yang sudah built-in serial port dan menggunakan power supply yang berasal dari PC kalian.
Image
Sedangkan Modem Eksternal biasanya terletak di dalam case tersendiri (atau rack-mounted dalam versi tertentu), menggunakan power supply terpisah pada umumnya memiliki adaptor, dan tersambung ke komputer kalian menggunakan kabel serial yang terkoneksi pada port serial di belakang PC kalian. Sedangkan modem eksternal berada diluar CPU. Modem eksternal dihubungkan ke CPU melalui port COM atau USB.Modem jenis ini biasanya menggunakan sumber tegangan terpisah berupa adaptor. Keuntungan penggunaan modem jenis ini adalah portabilitasnya yang cukup baik sehingga gampang dipindah-pindah untuk digunakan di komputer lain. Disamping itu dengan menggunakan modem eksternal, tidak perlu ada slot ekspansi yang dikorbankan sehingga bisa dipakai untuk keperluan lain, terutama apabila mainboard yang digunakan hanya menyediakan sedikit slot ekspansi. Modem eksternal juga dilengkapi dengan lampu indikator yang memudahkan kita untuk memonitor status modem. Kerugiannya, harganya lebih mahal dibandingkan dengan modem internal. Modem eksternal juga membutuhkan tempat tersendiri untuk menaruhnya meskipun kecil.
Image
Modem sangat berperan dalam perkembangan teknologi komunikasi saat ini. Dimana modem memberi kemudahan manusia untuk mengetahui informasi secara global. Dengan adanya modem juga memberi peluang manusia untuk berkomunikasi satu sama lain dengan menghilangkan batas-batas tiap daerah.google

Tiada ulasan:

Catat Ulasan