Sunday 9 March 2014

Virus Komputer Malui Udara

Gawat, Virus Komputer Kini Sudah Bisa Menyerang Lewat Udara

Gawat, Virus Komputer Kini Sudah Bisa Menyerang Lewat Udara

ANCAMAN dari virus komputer kini tidak lagi hanya melalui jaringan, namun sudah tersebar melalui udara. Hal ini terungkap setelah peneliti asal Inggris mengaku membuat sebuah virus komputer pintar. Virus inilah yang bisa tersebar seperti penyakit, hanya lewat perantara udara.

Seperti yang dilansir oleh Cnet (27/2/2014), virus yang dibuat oleh peneliti dari University of Liverpool ini disebut sebagai Chameleon dan bisa tersebar dengan menempel pada titik akses jaringan seperti WiFi. Dengan begitu, persebarannya pun bisa lewat udara, tak seperti virus kebanyakan.

"Koneksi WiFi merupakan target bagi hacker komputer karena keamanannya tidak terlindungi, sehingga sulit untuk mendeteksi virus," kata peneliti dengan nama Alan Marshall itu.

Peneliti ini kemudian mencobanya pada jaringan WiFi di kota Belfast dan London. Hasilnya, memang benar Chameleon bisa terdebar hanya dengan menempel ke satu titik WiFi ke titik WiFi lainnya dan tetap tidak bisa dideteksi oleh antivirus.

"Saat Chameleon menyerang titik akses, tidak akan terganggu kinerja dari titik tersebut, namun data dan laporan penting di sana akan tercuri," kata peneliti.***

http://www.goriau.com/riau-tekno/gawat-virus-komputer-kini-sudah-bisa-menyerang-lewat-udara.html
Categories:

0 komentar:

Post a Comment