Sunday 2 March 2014

APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN – metode AHP

Study Kasus mengenai : Penjurusan Siswa SMA (IPA-IPS-BAHASA) KOTA SEMARANG
Kriteria
1. Psikotes
2. Nilai Rapor
3. Minat
Alternatif
1. IPA
2. IPS
3. Bahasa
Langkah Pertama Mengisi Inputan Nilai Kriteria ( Matriks Perbandingan Berpasangan ) dari Psikotes, Nilai Rata-Rata Rapor, dan Minat Berdasarkan Bobot
8
Langkah Kedua Mengisi Inputan Alternatif ( Matriks Perbandingan Berpasangan ) dari Kriteria Psikotes Berdasarkan Bobotnya
9
Langkah Ketiga Mengisi Inputan Alternatif ( Matriks Perbandingan Berpasangan ) dari Kriteria Nilai Rata-Rata Rapor Berdasarkan Bobotnya lagi.
10
Langkah Keempat Mengisi Inputan Alternatif ( Matriks Perbandingan Berpasangan ) dari Kriteria Minat Berdasarkan Bobot.
11
Kemudian Matriks Perbandingan dari Kriteria dilakukan Pengkuadratan (Perkalian Kuadrat Matriks) , Lalu dilakukan penjumlahan baris ,  setelah itu dihitung nilai eigenvektor dari (jumlah baris dibagi jumlah total).
12
Kemudian Matriks Perbandingan dari Alternatif (Psikotest) dilakukan Pengkuadratan (Perkalian Kuadrat Matriks) , Lalu dilakukan penjumlahan baris ,  setelah itu dihitung nilai eigenvektor dari (jumlah baris dibagi jumlah total).
13
Kemudian Matriks Perbandingan dari Alternatif (Nilai Rata-Rata Rapor) dilakukan Pengkuadratan (Perkalian Kuadrat Matriks) , Lalu dilakukan penjumlahan baris ,  setelah itu dihitung nilai eigenvektor dari (jumlah baris dibagi jumlah total).
14
Kemudian Matriks Perbandingan dari Alternatif (Minat) dilakukan Pengkuadratan (Perkalian Kuadrat Matriks) , Lalu dilakukan penjumlahan baris ,  setelah itu dihitung nilai eigenvektor dari (jumlah baris dibagi jumlah total).
15
Lalu menghitung Nilai Bobot dari Kriteria dan Alternatif. Lalu dilakukan penjumlahan baris, maka akan diketahui hasil nya , alternatif (jurusan) yang sesuai dengan kriteria-kriteria.
Ternyata ;
IPS yang paling diminati,
IPA nomor kedua,
Bahasa menjadi alternatif yang ketiga
hitung hasil ahp
Selanjutnya kita menghitung Nilai CR ( Konsistensi Rasio) yang dihasilkan dari  Nilai Konsistensi Vektor dibagi dengan nilai Indeks Random (IR)
17
Nilai IR itu sudah ditentukan dari Oarkridge Laboratory yang berupa tabel dibawah ini:
 http://rizapress.wordpress.com/120-2/
18
Categories:

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa minta alamat email gan
      mau tanya tentang AHP

      Delete