Sunday 9 March 2014

Hologram - SAM


APAKAH HOLOGRAM-SAM ?

Hologram-sam adalah suatu bentuk image yang dibuat dengan menggunakan sinar laser yang menyajikan informasi tiga dimensi. Dengan bantuan sinar lampu atau cahaya, image tersebut dapat terlihat masuk atau keluar bidang, seolah berputar atau bergerak, serta dapat memantulkan warna-warna pelangi.
Hologram-sam merupakan teknologi pengaman terbaru yang terus berkembang dengan tingkat pengaman tertinggi sehingga produk obat-obatan, elektronika, consumer good serta produk-produk lainnya lebih terjamin keamanannya.
Penggunaan unsur pengaman hologram-sam, disamping memberikan unsur keamanan, unsure keindahan juga dapat meningkatkan citra dan performance dari produk tersebut.

JENIS-JENIS HOLOGRAM-SAM
I. HOLOGRAM LABEL DAN HOLOGRAM SEAL / SEGEL.
Hologram seal / segel sering juga disebut dengan tamper evident. Perbedaan antara hologram label dengan hologram seal / segel adalah :
Hologram seal / segel akan rusak apabila dicabut dari bidang permukaan ditempelnya dan hologram seal / segel yang sudah dicabut tidak akan bisa direkatkan kembali.
Sedangkan hologram label tidak akan rusak apabila dicabut dari bidang permukaan ditempelnya, seperti kertas, kaca, plastic, dll.

Teknik pembuatan hologram label dan hologram seal / segel dibagi menjadi 3 macam, yaitu :
1. HOLOGRAM 2D / 3D
Pembuatan hologram-sam jenis ini adalah dengan menggabungkan beberapa layer yang diberi jarak sehingga menyerupai efek 3 D dan mempunyai kedalaman, bisa berupa image, teks maupun logo. Untuk membuat hologram-sam jenis ini diperlukan desain awal yang terbuat dari artwork atau fotografi full colour. Hologram-sam ini mudah di amati oleh orang umum karena logo atau gambar yang dibuat image hologram-sam tampak asli dan jernih. Hologram True Colour dan hologram Flip-Flop termasuk dalam jenis hologram-sam ini.

2. HOLOGRAM DOT MATRIK
Pembuatan hologram-sam dengan menggunakan peralatan komputer ini akan menghasilkan hologram-sam yang terdiri dari sekumpulan titik-titik (dot) yang sudutnya diatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan efek-efek khusus, seperti :
a. Moving : efek bergerak jika mengubah sudut pandang.
b. Running : efek bergerak lari (kiri-kanan, atas-bawah) jika mengubah sudut pandang.
c. Breathing : efek kembang kempis jika mengubah sudut pandang.

3. HOLOGRAM COMBINATION
Teknik pembuatan hologram-sam ini merupakan penggabungan dari hologram konvensional dan dot matrik. Penampilan hologram-sam ini lebih cerah dan ada kedalaman karena menghasilkan efek channeling, yaitu penggabungan 2 obyek berbeda dimana masing-masing gambar dan teks akan tampak bergantian pada sudut pandang yang berbeda pada satu area.

II. HOLOGRAM OVERLAY FOR LAMINATION.
Hologram-sam jenis ini selain digunakan untuk packaging produk-produk obat-obatan, consumer good, elektronika, dll juga untuk pembuatan ID Card, Sampul Majalah dan Sampul Buku.

http://indonesiahologram.blogspot.com/p/mengenal-tentang-hologram-sam.html
Categories:

0 komentar:

Post a Comment